Riwayat dan 7 Bukti Kue Bulan yang Kemungkinan Belum Kamu Tahu

 Riwayat dan 7 Bukti Kue Bulan yang Kemungkinan Belum Kamu Tahu

Sesaat lagi kita akan masuk perayaan kue bulan atau "mooncake festival". Walau adat ini aslinya berawal dari negeri gorden bambu, tetapi perayaan festival kue bulan dirayakan di Indonesia sama beberapa warga turunan Tionghoa.

Nah, dibanding hanya tahu makan kue bulan saja, yok cari info bukti-bukti kue bulan yang kemungkinan belum kamu kenali!

Riwayat, Bukti serta Arti Kue Bulan

1. Riwayat Kue Bulan

Festival kue bulan dirayakan tiap tanggal 15 bulan kedelapan menurut kalender imlek. Menurut keyakinan rakyat Tionghoa, ke tanggal ini bulan ada di status sangat dekat sama bumi, berdampingan dengan batasan langit serta berkilau kemerahan, serta dipandang melambatgkan berpadunya pria (matahari) dengan wanita (bulan), seperti Yin serta Yang dalam adat Tionghoa.

Tidak ada yang mengetahui tentu asal mula asli dari festival kue bulan. Ada banyak versus riwayat dari kue bulan. Salah satunya cerita terpopuler ialah cerita Hou Yi serta Chang Erl.

Alkisah jaman dulu ada sepuluh matahari. Mengakibatkan sepanjang musim panas berlangsung kekeringan dimana saja. Karena sangat panasnya Permainan Draw Poker pepohonanpun mulai mati serta kaisar dan rakyat jadi kesusahan. Kaisar selanjutnya mengutus seorang pemanah populer namanya Hou Yi untuk memanah 9 dari 10 matahari di langit.

Dengan panah saktinya, pasti Hou Yi sukses memanah ke-9 matahari itu. Sebab jasanya dia selanjutnya dipilih jadi Pahlawan. Dia selanjutnya menikah dengan wanita yang dia sayangi, Chang Erl.

Satu hari, Hou Yi memperoleh obat manjur yang dapat membuat orang terbang ke langit serta jadi dewa dari Ratu Xi Wang Mu. Hou Yi selanjutnya memercayakan obat itu ke Chang Erl.

Tetapi, seorang karyawan istana namanya Peng Meng mengenali kedahsyatan obat itu serta akan mencurinya saat Hou Yi tengah tinggalkan Chang Erl sendirian.

Sebab sadar dia tidak sanggup menantang Peng Meng, Chang Erl selanjutnya menelan obat itu sekalian coba larikan diri dari Peng Meng. Tiada diakui badannya mulai terangkat serta dia sampai di Bulan, benda langit paling dekat dengan Bumi di saat itu.

Hou Yi selanjutnya mengenali hal itu serta jadi benar-benar terpukul serta berduka. Dia selanjutnya kenang kembali hari itu dengan membikinkan altar untuk kenang kembali Chang Erl yang menjadi Dewi Bulan.

Mulai sejak itu, warga Tionghoa ikut juga memberi penghormatan ke Dewi Bulan lewat Festival Kue Bulan.

2. Arti Lambang Stempel ke Sisi Atas Kue Bulan

Salah satunya keunikan dari kue bulan ialah kehadiran stempel di bagian atas yang berlafaskan aksara mandarin. Tahukah kamu arti dari aksara ini?

Kue bulan tradisionil biasanya memakai lambang atau aksara Tionghoa yang berarti "panjang usia" atau "serasi". Tetapi, bersamaan perubahan era beberapa orang mulai memodifakasi wujud dari stempel ini.

3. Berupa Bulan Bukan Tiada Fakta

Benar-benar sich beberapa orang berasumsi jika kue bulan berupa bundar sebab wujud bulan bila disaksikan dari bumi benar-benar bundar.Tetapi sebetulnya ada arti lain dari wujud ini, lho.

Professor Wei Shang dari Columbia University menjelaskan jika "Bundar ialah simbol persatuan serta kekerabatan".

Tidak bingung bila "mooncake festival" sering jadi peristiwa berkumpulnya tiap bagian keluarga.

4. Rasa serta Formasi Asli Kue Bulan

Sekarang kamu benar-benar bisa mendapati kue bulan beragam rasa yang telah diubah. Tetapi, semacam apa formasi serta rasa asli dari kue bulan tradisionil?

Kue bulan tradisionil biasanya bersisi pasta kacang merah, biji teratai atau kuning telur asin yang melambatgkan bulan purnama. Di bagian luarnya kue bulan dibikin memakai lemak babi.

Tetapi, Toppers tidak perlu cemas sebab sekarang banyak kue bulan kekinian yang dibikin dengan beberapa bahan makanan halal.

5. Beberapa jenis Kue Bulan

Kemungkinan kamu cuman mengenali kue bulan 1 tipe saja. Walau sebenarnya di negeri aslinya ada banyak beberapa jenis kue bulan. Yok, baca beberapa salah satunya:

Cantonese – Model Mooncake

Tipe kue bulan ini ialah salah tahu kue bulan sangat mendunia, berawal dari propinsi Guangdong, serta dalam tempat aslinya ada lebih dari 200 macam.

Suzhou – Model Mooncake

Kue Bulan 1 ini ada semenjak beberapa ribu tahun kemarin, kombinasi adonannya kaya lemak hewani serta gula dan tepung. Kue bulan 1 ini banyak pula ada di Indonesia.

Beijing – Sytle Mooncake

Kue bulan 1 ini mempunyai 2 macam, yang 1 disebutkan dengan di qiang, serupa dengan Suzhou model. Serta 1 kembali disebutkan dengan fan mao, di mana rasa-rasanya condong lebih flaky.

Chaoshan (Tiociu) – Model Mooncake

Rasa kue bulan 1 ini flaky tetapi berdiameter semakin besar dibanding Cantonese-style, dengan ketebalan kue lebih tipis.

Ningbo – Model Mooncake

Kue bulan ini diketemukan banyak di propinsi Zhejiang, rasa-rasanya condong lebih asin serta sedikit pedas.

Yunnan – Model Mooncake

Yunnan-style mooncake ini rasa-rasanya condong lebih manis.

Kue Bulan Kekinian

Kue bulan kekinian telah diubah demikian rupa, dengan rasa yang beragam, Dimulai dari agar-agar, keju, chicken floss (abon ayam), tiramisu, bahkan juga ice krim, kopi, serta yang lain.

6. Figur Dewi yang Terus Tampil di Paket Kue Bulan

Bila Toppers beli kue bulan, pasti kerap mendapati figur wanita elok ke paketannya.

Ingin tahu siapa sebetulnya figur wanita ini? Dia Chang Erl yang disebut istri pemanah Hou Yi di cerita awalnya yang telah dipilih jadi Dewi Bulan.

No comments:

Post a Comment