Kenal Riwayat Sepak Bola Dunia

 Kenal Riwayat Sepak Bola Dunia

Siapa yang tidak mengenal dengan berolahraga sepak bola? Yup, olahraga 1 ini sering dipanggil jadi olahraga terpopuler sedunia. Sebagian besar negara di dunia ini punyai club sepak bola nasional, komplet dengan susunan liga serta skema laga yang mapan – apa saja negaranya serta di mana juga mereka ada.

Olahraga ini seolah jadi bahasa universal yang dapat dipahami sama seluruh orang dengan lintas batasan. Tidak terlalu berlebih untuk menyebutkan olahraga sepak bola jadi olahraga penyatu manusia. Ini nampak benar-benar jelas dalam Asian Games tempo hari, saat semua penggemar sepa kbola Indonesia tidak pedulikan identitas penggemar club semasing untuk memberikan dukungan bangsanya.

Riwayat Sepak Bola

Nah, kecuali nilai-nilai positif yang dibawa, memang olahraga sepak bola mempunyai riwayat yang lumayan panjang. Bagaimana ceritanya sampai sepakbola jadi olahraga terpopuler se-dunia? Yok, baca sejarahnya di bawah!

1. Awalnya Mula Permainan Sepak Bola

Akar riwayat panjang olahraga sepak bola terdaftar berawal dari era kedua serta 3 Sebelumnya Masehi (SM) di negeri Gorden Bambu, Tiongkok. Awalnya, sepak bola dimainkan dengan membawa bola kulit ke gawang kecil. Seiring waktu berjalan, olahraga ini mulai dibawa ke Eropa, persisnya Inggris.

Dari Tiongkok ke Inggris

Di Inggris, sepak bola alami perubahan cepat, dengan pengenalan beberapa peraturan serta ketentuan permainan. Sepak bola di dunia barat berawal di lapangan-lapangan sekolah serta kampus, dipertandingkan antar mereka. Makin lama, pertandingan itu mulai disahkan dengan resmi jadi beberapa liga tertentu. Sepak bola lagi berkembang sampai pada akhirnya mempunyai pertandingan-kompetisi profesional sendiri.

Munculnya Club Sepak Bola

Sheffield FC terdaftar jadi club sepak bola paling tua di dunia yang berdiri ke 1857. Sampai sekarang, supremasi sepak bola jadi olahraga sangat disukai masih bertahan. Beberapa club sepak bola yang paling populer salah satunya ialah Arsenal, Chelsea, Manchester United, Manchester City, serta Tottenham dari Liga Inggris.

Pesaing mereka dari Liga Jerman, ada Bayern Munchen serta Borussia Dortmund, sesaat Liga Italia memercayakan Juventus. Spanyol punyai 2 club raksasa, Barcelona serta Real Madrid. Walau kecil, Liga Belanda punyai club legendaris, yaitu Ajax Amsterdam.

2. Riwayat Sepak Bola di Dunia

Sesudah terkenal di seantero Benua Eropa, dunia sepak bola mulai alami perubahan yang cepat. Berhasil terkenal di kelompok pelajar sekolah serta kampus, ada ide untuk bikin skema liga profesional yang berkepanjangan. Ide ini disertai dengan pengenalan beberapa peraturan untuk bikin permainan lebih bersaing serta memikat buat dilihat.

Disamping itu, banyak perusahaan mulai menghasilkan beberapa peralatan sepak bola, seperti jersey bola serta sepatu bola.

Penebaran Sepak Bola sama Pedagang, Pelaut serta Tentara

Sesudah berhasil mencatatkan riwayat Perkembangan Casino Online dengan Inggris, sepak bola mulai dibawa beberapa pedagang, pelaut, serta tentara inggris ke seantero dunia. Awalannya, sepakbola mulai digemari di beberapa negara Eropa sendiri seperti Perancis, Jerman, Spanyol, serta Italia. Baru selanjutnya sepakbola menebar ke penjuru dunia, khususnya dari koloni-koloni Inggris yang menyebar di seluruhnya benua.

Berdirinya Liga Sepak Bola

Sepak bola lagi berkembang sampai jadi olahraga paling populer untuk beberapa orang. Di tahun 1904, pada akhirnya disahkanlah Liga Sepak Bola Internasional atau dipersingkat FIFA. Sesudah FIFA dibuat, sepak bola mulai tumbuh subur ke beberapa negara, dengan dibuatnya skema serta susunan mapan untuk memberikan dukungan jalannya pertandingan.

Sampai saat ini, beberapa liga serta kejuaraan lagi dipertandingkan, dimulai dari tingkat nasional, benua, bahkan juga dunia. Antara pertandingan yang terpopuler – dengan perebutan pasar penayangan paling tinggi – ialah Premier League di Inggris, UEFA Champions Cup untuk tim-tim Eropa, serta World Cup, pertandingan antar club nasional negara tingkat dunia.

No comments:

Post a Comment